Senin, 21 Mei 2012

Poldi Datang, Van Persie Pergi?


Kompetisi sepak bola Premier League musim 2011/12 resmi berakhir. Ajang tersebut berakhir dramatis di mana Manchester United kehilangan gelar juara hanya dalam waktu kurang dari lima menit. Musim 2011/12 menghasilkan Manchester City sebagai juara baru Liga Primer.

Lukas Podolski
Terlepas dari persaingan duo Manchester, perebutan tiket otomatis untuk lolos ke Liga Champion juga tak kalah seru. Arsenal baru memastikan tiket ke kompetisi tertinggi di Eropa tersebut di detik-detik akhir kompetisi. Keberhasilan mendapatkan tiket Liga Champion tersebut diharapkan dapat membuat bintang sekaligus kapten The Gunners, Robin van Persie, untuk bertahan di klub asal London utara ini.
Pencapaian Arsenal untuk finis di posisi tiga klasemen akhir Premier League merupakan sebuah prestasi tersendiri. Perlu diingat, The Gunners sempat berada di peringkat 18 beberapa pada pekan awal Premier League. Kebangkitan Arsenal di musim 2011/12 diidentikkan dengan performa Van Persie. Sang kapten berhasil mencetak 30 gol dan membuat dirinya menjadi top skor musim 2011/12.
Keberhasilan tim asuhan Arsene Wenger untuk mempertahankan Van Persie akan memperbesar kemungkinan untuk mengakhiri paceklik gelar Arsenal selama tujuh tahun belakangan. Arsenal sendiri akan mendapatkan suntikan tenaga baru dengan kedatangan Lukas Podolski dari FC Koeln. Alhasil, harapan para pendukung Arsenal untuk melihat tim kesayangannya mendapatkan gelar juara di musim depan sedang meninggi.
Namun, hingga saat ini masa depan Van Persie di Arsenal masih belum jelas. Penyerang asal Belanda tersebut telah menyatakan akan menjaga jarak dengan media selama perhelatan Euro 2012. Penyerang yang akan berusia 29 tahun pada Agustus mendatang ini masih membuka kesempatan untuk pergi dari Stadion Emirates. Terlebih beberapa klub raksasa Eropa dikabarkan tertarik untuk meminang penyerang kidal tersebut. Manchester City diberitakan berada di urutan terdepan untuk mendapatkan dirinya.
Sementara itu, kedatangan Podolski juga memperkuat spekulasi kepergian RvP. Selain sebagai penyerang utama, Podolski dapat beroperasi sebagai penyerang lubang dan winger. Jika dibandingkan dengan RvP, keduanya memiliki tipikal permainan yang sama. Terlebih, beberapa tahun belakangan Wenger menerapkan formasi utama 4-3-3 di Arsenal.
Robin van Persie
Hal tersebut dapat memberikan opsi bagi Wenger untuk menempatkan pemain nasional Jerman itu sebagai pengganti Van Persie. Poldi juga dapat ditempatkan sebagai winger ataupun penyerang utama. Di klub lamanya, pemain kidal tersebut ditempatkan sebagai penyerang lubang di belakang penyerang asal Slovenia, Milivoje Novakovic. Sementara itu, di Der Panzer, pemain dengan tinggi 1,8 meter itu ditempatkan sebagai winger.
Lebih lanjut, baik Podolski dan Persie, saat ini keduanya sedang berada di usia keemasan, yakni 26 tahun dan 28 tahun. Hal ini akan memberikan pilihan yang sulit bagi The Professor, mengingat sebuah kerugian yang besar bagi Arsenal jika membangkucadangkan salah satu dari mereka. Bagi kedua pemain tersebut, menjadi penghangat bangku cadangan di usia produktif dapat memberikan hambatan besar di karier mereka di lapangan hijau.
Salah satu solusi yang mungkin terjadi adalah Wenger menempatkan Poldi di posisi penyerang sayap. Dengan demikian Gervinho atau Theo Walcott harus menepi ke bangku cadangan. Performa kedua pemain tersebut tidak konsisten selama musim 2011/12. Alex Oxlade-Chamberlain pun dinilai masih belum stabil untuk menjadi pemain inti The Gunners, meski dirinya terdaftar ke dalam pemain tim nasional Inggris di Piala Eropa 2012.
Gervinho
Jadi, kedatangan Podolski ke Arsenal belum tentu memaksa RvP hengkang dari London Utara. Kelebihan Poldi yang dapat bermain di tiga posisi setidaknya mempermudah Wenger untuk menempatkan dirinya di tim inti The Gunners. Akan tetapi, posisi para penyerang sayap yang justru rawan mengalami perubahan.
Terlebih kabar terakhir mengatakan bahwa Walcott dan pihak manajemen Arsenal gagal menemui kesepakatan untuk memperpanjang kontrak pemain asal Inggris itu. Meski kontrak pemain berusia 23 tahun ini baru akan habis di musim panas 2013, beberapa klub elit Eropa tengah memonitor dirinya. Klub-klub yang dikabarkan tertarik merekrut Walcott adalah Manchester City, Chelsea, Liverpool dan juga juara Serie A, Juventus.
Intinya, meski kedatangan Poldi tidak sepenuhnya memberikan ancaman bagi posisi Van Persie, tetapi kemungkinan kepergian top skor Premier League 2011/12 ini masih terbuka. Satu hal yang pasti, kedatangan Podolski akan membuat persaingan untuk mendapatkan tempat di tim utama Arsenal semakin panas. Semoga saja kedatangan pemain kelahiran Polandia ini dapat memberikan kontribusi positif bagi The Gunners dan membuat kompetisi Premier League semakin menarik untuk disimak.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar